Wednesday, January 9, 2013

panduan senam ibu hamil

Senam ibu hamil penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran anda. dengan adanya senam ibu hamil juga dapat membantu proses persalinan karena tubuh anda yang selalu bugar dan sehat.

Senam ibu hamil memang disarankan untuk dilakukan oleh ibu-ibu hamil. Senam ibu hamil pun tidaklah sulit, terdapat penyesuaian gerakan denagn stamina ibu hamil, sehingga senam yang satu ini tidak membuat tenaga anda terkuras dan merasa kelelahan.

Gerakan senam ibu hamil

Untuk melakukan senam ibu hamil tidaklah rumit, anda bisa melakukannya sendiri atau dibantu oleh pemandu senam. Untuk melakukan senam ibu hamil, cukup sediakan matras sebagai alas dan andapun siap melakukannya.

- Duduklah bersila diatas matras dan letakkan tangan di lutut anda. Gerakan ini mirip dengan gerakan semedi dan tetaplah pada gerakan ini selama beberapa saat. Duduklah dengan santai dan atur pernapasan anda secara perlahan.

- Duduk dengan dua kaki lurus ke depan kemudian condongkan badan ke kebelakang. Topang tubuh anda dengan kedua siku yang ditempelkan ke lantai. Anda bisa menggerakkan telapak kaki ke kanan atau ke kiri, namun bisa juga tetap menegakkan telapak kaki anda.

- Lakukan sikap merangkak sempurna dengan kaki dan tanga lurus menghadap lantai sementara pinggang agak dinaikkan.

- Dengan sikap merangkak pula, turunkan badan bagian depan layaknya gerakan sujud dan tahan selama satu menit. Kembali ulangi posisi tersebut dengan waktu yang lebih lama dari sebelumnya.

Manfaat senam ibu hamil

Senam ibu hamil tampak mudah dan tidak perlu menguras tenaga anda. Namun ternyata senam ibu hamil banyak mengundang manfaat. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai manfaat senam iu hamil.

- Membuat tubuh anda lebih rileks dan membantu anda untuk berpikir jernih.

- Melemaskan otot-otot tubuh dan memperlancar peredaran darah

- Membuat tubuh lebih kuat dan bugar serta membantu fisik untuk lebih siap dalam menghadapi proses persalinan.

- Dengan adanya senam ibu hamil, maka anda akan lebih siap karena hal itu merupakan simulasi gerakan persalinan.

Itulah berbagai penjelasan mengenai senam ibu hamil. Selamat mencoba.

Detil info baca disini: http://berbinarbinar.com/tips-kesehatan/tips-kesehatan-wanita/senam-ibu-hamil.html

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

320x50

banner image
 

Agen Foredi Yogyakarta