Tuesday, January 1, 2013

perawatan masa nifas

Masa nifas adalah masa yang berlangsung setelah selesainya proses persalinan. Masa ini biasanya berlangsung selama kurang lebih 6 minggu.

Selama masa ini vagina akan mengeluarkan darah terus-menerus seperti pada saat haid. Biasanya darah yang keluar adalah darah yang mengandung sel-sel tua dan mati yang ada pada dinding rahim.

Ada empat tahap masa nifas yang akan dialami oleh setiap wanita setelah melahirkan.

  • Tahap pertama, darah yang keluar adalah darah merah yang masih segar serta berpotensi mengandung banyak kuman penyebab penyakit. Tahap ini berlangsung selama tiga hari pertama
  • Tahap kedua, darah yang keluar adalah darah merah dan berlendir. Tahap ini berlangsung selama 2 minggu.
  • Tahap ketiga, cairan yang keluar berwarna kecoklatan dan berlangsung sejak minggu ketiga hingga satu bulan pasca melahirkan.
  • Tahap keempat, tahap terakhir ini berlangsung dari minggu ke empat hingga minggu keenam. Cairan yang keluar berwarna kekuningan, lalu kemudian cairan menjadi berwarna bening yang menandakan anda telah selesai dari masa nifas.

Selama masa setelah melahirkan ini, ada beberapa hal yang berubah dari segi tubuh maupun emosi.

Berikut adalah perawatan yang dapat di lakukan untuk mengatasi perubahan yang terjadi pada tubuh dan emosi pada saat masa nifas.
  • Pergerakan yang bertahap, setelah melahirkan dianjurkan untuk tetap tidur terlentang selama 8 jam dan baru boleh memiringkan badan setelahnya. Pada hari kedua, diperbolehkan untuk duduk, hari ketiga berjalan dan melakukan aktivitas sehari-hari pada hari kelima.
  • Menjaga gizi seimbang, makanan yang masuk kedalam tubuh harus bergizi baik, mengandung banyak protein, memperbanyak konsumsi buah dan sayur.
  • Di sarankan untuk sesegera mungkin buang air, apabila tidak bisa/sulit buang air kecil, maka sebaiknya di lakukan katerisasi.
  • Perawatan payudara, sebaiknya dimulai sejak masa kehamilan agar puting susu tidak keras dan kering sebagai persiapan untuk menyusui bayinya.

Kestabilan emosi, saat masa nifas emosi cenderung tidak stabil sehingga dibutuhkan dukungan dari suami, keluarga maupun teman dekat.

Detil info baca disini: http://berbinarbinar.com/tips-kesehatan/tips-kesehatan-wanita/tahapan-dan-perawatan-selama-masa-nifas.html

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

320x50

banner image
 

Agen Foredi Yogyakarta