Saturday, January 12, 2013

ciri tanda Kenari Jantan Betina | cara

Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Kenari  | Ciri Kenari jantan - Burung Kenari adalah burung yang selain mempunyai penampilan yang bagus juga mempunyai suara yang merdu. Ciri burung ini adalah tembakan suara yang panjang dan melengking. Tentu semua orang pasti sepakat bahwa burung kenari jantan lebih memiliki kualitas suara yang bagus dan merdu. Nah di sinilah letak permasalahannya. Cara membedakan jenis kelamin burung kenari adalah gampang-gampang susah. Berikut beberapa pedoman dalam membedakan burung kenari jantan dan betina.

  • Cara membedakan jenis kelamin dapat kita lihat mulai dari usia 3 hari. Jika pembuluh vena di sebelah perut akan turun menuju dubur maka dapat dipastikan burung ini adalah jantan. Pembuluh vena ini tidak akan tampak pada kenari betina. Sebaiknya hal ini dilakukan sebelum kenari jantan tersebut tumbuh bulu.
  • Cara yang kedua yaitu dengan mencari anakan burung kenari yang mampu melompat paling jauh karena hal ini menandakan jenis kelamin jantan. Cara ini dilakukan dengan menaruh pada handuk dan sejajarkan seperti posisi kuda balap yang ada pada pacuan kuda.
  • Cara Ketiga yaitu bedakan dengan memperhatikan pusat kaki bawah yang panjang sementara yang lainnya punya 3 telapak kaki yang memiliki panjang yang sama. Salah satu yang memiliki pusat kaki yang panjang akan sulit untuk bergabung dengan yang lain dan ini adalah kenari jantan. Kenari betina lebih mudah untuk bergabung karena ketiga telapak kakinya memiliki ukuran yang sama.
  • Cara yang ke-4 yaitu dengan melihat tulang belakang burung. Di sepanjang tulang belakang kenari jantan warnanya lebih kaku dan lebih pekat . Untuk yang betina warnanya kaku dan pekatnya tidak sampai sepanjang tulang belakang
  • Cara selanjutnya yaitu dengan memperhatikan bentuk kepala kenari sebelum tumbuh bulu. Liatlah ke bagian kepala mereka. Untuk yang jantan lebih pipih (datar).Untuk yang betina lebih bulat. Sekitar usia 6 – 7 hari anak2 kenari tersebut mulai membuka mata. Jika jantan maka matanya sejajar dengan paruhnya. Untuk yang betina, letak mata diatas paruh yang menyebabkan tampilan kepalanya lebih bundar.
  • Jenis kelamin kenari juga dapat dibedakan dengan memperhatikan duburnya. Lihatlah gambar berikut.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

320x50

banner image
 

Agen Foredi Yogyakarta