Saturday, January 12, 2013

informasi seputar burung kasuari

Jenis Burung Kasuari - Burung Kasuari (Casuarius Casuarius) adalah burung yang tidak mampu terbang. Burung ini merupakan salah satu fauna yang dilindungi. Keberadaan di alam bebas saat ini sangat berkurang akibat perburuan liar dan pengrusakan habitatnya. Burung yang aktif saat siang hari ini memakan buah-buahan yang terjatuh di dasar hutan. Burung kasuari dibagi dalam 3 jenis, yaitu :

Kasuari Gelambir Tunggal (Casuarius unappendiculatus)

Ciri - Bulu berwarna hitam dan cenderung kaku. Kepala biru cerah, bertanduk segitiga yang tebal dan tinggi. Leher merah atau kuning bergelambir tunggal kecil berwarna merah atau biru. Kaki berukuran besar dan kokoh, memiliki tiga jari dengan kuku yang tajam. Anakan bergaris-garis lambat laun berubah menjadi coklat polos, lebih pucat dari spesies lain.

Habitat - Tersebar di daerah Papua bagian timur Daerah Kepala Burung sampai S. Ramu, dan P. Yapen, P. Batanta, dan P. Salawati, dari ketinggian permukaan laut sampai 700 m. Terdapat 4 subspesies yang dikenali secara lokal (unappendiculatus, occipitalis, aurantiacus and philipi) tetapi bukti ilmiah mengenai perbedaan subspesies tersebut masih kurang. Di hutan kita dapat mengetahui keberadaannya melalui jejak kakinya.

Kasuari Gelambir Ganda (Casuarius casuarius)

Ciri – Postur badan lebih besar jika disbanding Kasuari Gelambir Tunggal. Warna bulu juga sama seperti pada burung kasuari lain. Memiliki gelambir ganda pada leher. Pada jenis kelamin betina memiliki ukuran tubuh yang lebih besar, dengan tanduk yang lebih lebar dan warna kulit leher yang lebih cerah. Burung jantan bertugas membangun sarang, mengerami telur, serta membesarkan anakan sendirian.

Habitat - Kasuari Gelambir Ganda tersebar di pulau Papua dan Australia. Hidup di hutan-hutan dan savana. Dia akan mencari pasangan hanya ketika musim kawin. Terdapat 8 subspesies (casuarius, tricarunculatus, bistriatus, lateralis, sclaterii, johnsonii, aruensis and bicarunculatus) yang secara tradisional dapat dikenali.

Kasuari Kerdil (Casuarius bennetti)

Ciri - Sesuai dengan namanya, kasuari ini merupakan jenis kasuari yang paling kecil jika disbanding jenis yang lain. Gelambirnya tidak menggantung di leher seperti jenis lainnya. Bulu berwarna biru cerah pada leher dan hitam di bagian tubuh. Tanduknya pipih dan tidak sebesar pada kasuari lain. Memiliki kemampuan untuk melompat, berenang, dan menendang kedepan dengan kuat.

Habitat - Hidup di pulau Papua yang tersebar di hutan dan bukit hingga ketinggian sekitar 3rb di atas permukaan laut. Terdapat 7 subspesies (papuanus, goodfellowi, claudii, shawmayeri, hecki, bennetti and picticollis) yang secara tradisional dapat dikenali.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

320x50

banner image
 

Agen Foredi Yogyakarta