Sunday, January 13, 2013

Membedakan Anis Merah jantan Betina

Cara Mengetahui Anis Merah Jantan Dan Betina – Burung Anis Merah adalah burung kicauan yang sangat sulit untuk dibedakan jenis kelaminnya. Burung ini adalah termasuk dalam burung monomorfik. Yaitu antara jantan dan betina memiliki ciri fisik yang hampir sama. Bahkan seorang master burung pun terkadang juga salah menentukan jenis kelamin anis merah. Berikut ada beberapa cara untuk menentukan jenis kelamin burung anis merah yang kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

  • Anis merah jantan biasanya memiliki warna merah yang lebih terang dan tajam ketimbang anis merah betina. Demikian pula dengan warna hitamnya lebih legam untuk yang jantan.
  • Menentukan jenis kelamin dengan cara meraba kloaka untuk mengetahui kerapatan tulang supitnya. Jika rapat dan terasa runcing maka burung tersebut adalah  jantan. Jika agak lebar dan lembek, betina.
  • Kita juga dapat memperhatikan perilaku burung untuk membedakan jenis kelaminnya. Anis merah jantan akan terlihat mengangkat kepala jika bertemu anis merah lain. Sedangkan anis merah betina tidak menunjukkan perilaku demikian. jika anis merah betina sedang dalam masa birahi, maka jika bertemu anis merah jantan yang sedang bernyanyi atau teler, dia akan menggerakkan sayap dan berbunyi cirr.
  • Cara lain yaitu dengan meyemprotkan air pada bulu bulu yg berwarna putih dibawah ekor dekat dubur sampai basah, jika keluar warna kekuning kuningan pada bulu putih atau bisa juga berubah jadi semu kuning di dekat dubur maka burung tersebut  Jantan dan jika warna bulu tetap putih maka burung tersebut betina.
  • Dapat juga menentukan pejantan anis merah dengan memperhatikan ciri berikut : 
  1. Bentuk kepala lonjong.
  2. Bentuk paruh tebal, besar dan panjang. Biasanya mempunyai power suara yang kuat. 
  3. Bentuk paruh jika dilihat dari atas terlihat lancip keatas (seperti bentuk buah belimbing).
  4. Sobekan paruh pilih yang paling dekat dengan mata.
  5. Bentuk lubang hidung memanjang dan lebar.
  6. Bentuk leher panjang.
  7. Sayap mengepit rapat (singset).
  8. Jari-jari panjang.
  9. Ekor berbentuk huruf M.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

320x50

banner image
 

Agen Foredi Yogyakarta